Air adalah salah satu kebutuhan yang tidak bisa terlepas dari kehidupan sehari-hari. Beberapa rumah dibangun dengan dilengkapi penampungan air yang terletak di dalam tanah dan dialirkan menggunakan pompa air, namun ada juga yang memiliki penampungan air di atas rumah yang terbuat dari bahan fiber atau alumunium. Bayangkan betapa terganggunya aktifitas harian kita jika dalam satu hari pasokan air ke rumah berhenti mengalir? Bisa jadi karena sumber dari PAM (Perusahaan Air Minum) yang mati, sumur yang mengering, atau sumber air bersih yang tercemar. Salah satu solusi untuk berjaga-jaga ketika sumber air tidak dapat diandalkan adalah dengan memiliki lebih dari 1 tangki penampungan air sebagai cadangan. 

Ada 2 manfaat utama penggunaan tandon air di rumah:

1. Tempat Menyimpan Persediaan Air. 

Adanya tempat penampungan air lebih dari 1 dapat dikatakan bahwa persediaan air di rumah akan terkendali. Pastikan untuk selalu mengisinya penuh sehingga Anda tetap memiliki cadangan air bersih saat pasokan air di rumah mati. Pilihlah tandon air dengan kualitas terbaik sehingga dapat menampung air dalam jangka waktu yang lama. Perhatikan juga sumber air di rumah untuk menentukan instalasi pemasangan tandon airnya.

2. Solusi Menghemat Listrik. 

Pemakaian 2 tandon di atas rumah bisa menjadi solusi menghemat listrik khususnya bagi pengguna air yang bersumber dari sumur. Air sumur membutuhkan pompa yang digunakan untuk menyedot dan mengalirkan pasokan air di dalam rumah. Semakin sering pompa air dinyalakan, tentu akan berdampak pada meningkatnya tagihan listrik rumah tangga. Pemakaian 2 tandon bisa mengurangi penggunaan pompa air karena pompa hanya akan dinyalakan ketika ingin mengisi tandon air saja. Selanjutnya untuk mengalirkan air ke rumah, cukup nyalakan keran dari tandon yang sudah menampung air untuk kebutuhan rumah tangga.

Jika Anda berencana untuk membeli rumah, pastikan Anda mempertimbangkan sumber air bersih dan keberadaan tandon sebagai tempat penampungan air, berapapun ukurannya. Sesuaikan instalasi dan material tandon air dengan rumah yang Anda tempati. Rumah dengan tandon yang terletak di bawah tanah tentu memiliki material dan instalasi yang berbeda dengan rumah yang hanya bisa memiliki tandon outdoor.