Cara Mengamankan Akun Gmail – Jika zaman dahulu ketika kamu ingin mengirim surah harus melalui kantor pos, namun seiring berkembangnya teknologi berkirim surah kini dapat melalui smartphone tanpa susah-susah pergi ke kantor pos. Email merupakan sebuah layanan untuk berkirim pesan secara online dan mudah, email sendiri memilik fungsi tidak hanya dapat mengirim pesan singkat namun juga dapat mengirim file, dokumen serta tugas sekolah.

Namun sayangnya banyak sekali orang yang kurang memperhatikan masalah keamanan akun email mereka. Padahal dalam email tersebut terdapat informasi pribadi yang bisa saja di salah gunakan oleh orang lain, serta terdapat file-file penting yang bisa saja di curi oleh orang lain. Saat ini banyak sekali layanan email dengan segala keistimewaannya, namun Google Mail merupakan layanan email yang menjadi primadona hingga saat ini. Google Mail memiliki fitur keamanan yang sangat berguna untuk menjaga akun penggunanya.

Cara Mengamankan Akun Gmail

Nah, pada artikel kali ini Smart102 akan mengulas tentang bagaimana Cara Mengamankan Akun Gmail Agar Tidak Mudah Kebobol kamu agar tidak mudah di curi oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

1. Gunakan Password yang Mudah Tapi Sulit Ditebak

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengamankan akun Gmail kamu adalah dengan membuat password yang mudah namun sulit untuk di tebak. Maksudnya adalah password yang mudah kamu ingat tetapi sangat sulit untuk di tebak oleh orang lain. Sangat tidak di anjurkan untuk menggunakan nama dan tanggal lahir sebagai password, karena sangat mudah ditebak.  Gunakan kombinasi huruf dan angka, jika perlu gunakan juga simbil agar password yang kamu buat semakin kuat.

2. Tambahkan Nomor Ponsel

Langkah berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah menambahkan nomor ponsel ke dalam akun Gmain kamu. Sangat penting kamu lakukan jika di kemudian hari kamu lupa password, kamu dapat reset ulang password dengan menggunakan nomor ponsel. Pastikan juga kamu menambahkan nomor ponsel yang aktif milik kamu sendiri dan bukan milik orang lain.

3. Aktifkan Verifikasi Dua Langkah

Verifikasi dua langkah merupakan fitur tambahan yang di sediakan oleh Google untuk meningkatkan keamanan pada akun penggunanya. Cara kerja fitur ini adalah dengan mengirimkan kode ke nomor ponsel kamu, itu sebabnya mengapa menambahkan nomor ponsel ke dalam akun sangatlah penting.

Jika biasanya kamu login hanya memasukan alamat email dan password saja. Nah, saat kamu mengaktifkan fitur tersebut Google akan meminta verifikasi ulang dengan mengirimkan kode PIN ke nomor ponsel kamu berupa SMS atau telepon. Cara ini sangat efektif apalagi jika password Gmail kamu telah di ketahui oleh orang lain.

4. Selalu Logout

Salah satu hal yang sering di lalaikan oleh penggina adalah lupa atau malas Logout akun saat sudah login, alasannya malas memasukan alamat email dan password kembali saat ingin login. Hal ini sangat beresiko jika kamu login menggunakan laptop atau PC milik orang lain, maka orang tersebu dapat secara leluasa menggunakan email milikmu. Namun jika kamu login dari laptop atau PC kamu sendiri hal tersebut masih aman, tetapi jika ada yang meminjam laptop kamu maka kamu perlu berhati-hati. Oleh karena itu sangat di anjurkan untuk Logout akun email kamu saat sudah tidak di gunakan.

5. Jangan Simpan Password Pada Browser

Cara berikutnya yang dapat kamu lakukan untuk melindungi akun Gmail kamu adalah dengan tidak menyimpan password pada browser. Saat kamu login ke akun email, twitter, facebook atau aku lainnya kamu pasti akan mendapatkan notofokasi dari browser tentang apakah kamu ngin menyimpan password atau tidak. Jika kamu memilih simpan, maka secara otomatis password kamu akan tersimpan pada browser. Hal ini dapat di manfaatkan  oleh orang lain untuk melihat password kamu.

6. Waspada Dengan Halaman Phising

Phising adalah sebuah cara yang di lakukan oleh para hacker untuk mencuri data berupa password dan username, dengan cara membuat halaman login yang serupa dengan situs aslinya. Biasanya juga para hacker menggunakan alamat yang serupa seperti contohnya guugle.cpm (meniru google.com). Kamu perlu berhati-hati dengan halaman tersebut, phising sendiri di ambil dari kata fishing yang berarti memancing, jadi arti dari phising sendiri adalah memancing korbannya untuk login dari halaman tersebut.

7. Hapus Data Pada Browser

Langkah berikutnya yang dapat kamu lakukan adalah menghapus data pada browser yang meliputi riwayat, cache, password dan lainnya. Dengan melakukan cara tersebut maka semua akun, tidak hanya akun gmail saja akun apapu yang pernah melekat pada browser tersebut juga akan terhapus. Jadi semua akun kamu akan lebih aman serta tidak ada yang mengetahuinya.

8. Jangan Beritahu Siapapun Mengenai Password Kamu

Langkah terakhir yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan keamanan pada akun Gamil adalah dengan tidak memberitahukan kepada siapapun mengenai password akun kamu. Karena sejatinya password merupakan sebuah privasi milik pengguna. Jadi jika ada seseorang yang mengatasnamakan sebuah lembaga atau perusahaan ingin meminta password akun Gmail kamu jangan langsung percaya.

Nah, itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan dalam Cara Mengamankan Akun Gmail Agar Tidak Mudah Kebobolan kamu. Selalu berhati-hati dan mengganti password setiap beberapa bulan juga penting di lakukan, agar password kamu tidak ada yang dapat menebak.