Bangkitkan Nuansa Kehangatan Nan Comfortable Dengan Konsep Ruang Tamu Jati Sederhana 

Ruang tamu merupakan ruang utama dari sebuah rumah. Di ruang inilah umumnya pemilik rumah akan menjamu tamu-tamunya untuk pertama kali. Karena itu, ruang tamu kerap mendapat sentuhan yang lebih istimewa dibandingkan dengan ruangan lainnya. Konsep ruang tamu jati sederhana kini semakin digilai. Walau menghadirkan kesan simple, namun nilai estetikanya sangat tinggi. Apalagi jati terkenal sebagai salah satu kayu yang ketahanannya patut diacungi jempol. 

Konsep seperti ini akan menitikberatkan pada penggunaan furniture ruang tamu minimalis. Dalam arti kata, detail furniturnya tidak berlebihan sehingga kesan kepraktisan di sini terpancar nyata. Selain itu, konsep ruang tamu jati sederhana mampu memberi kesan ruangan jadi lebih lapang dan comfortable. 

Alasan Memilih Furniture Ruang Tamu Minimalis

Ada banyak alasan yang melatarbelakangi pemilik rumah menerapkan konsep ruang tamu jati minimalis. Beberapa di antaranya, yakni:

• Kayu Jati Kuat Dan Tahan Lama

Seperti yang telah disinggung sekilas, kayu jati termasuk kayu yang kokoh. Mumpuni dalam menghadapi perubahan suhu yang tidak menentu.Hal  tersebut dipengaruhi oleh lapisan minyak dan karet yang dimilikinya. Saat pohon jati ditebang, lapisan minyak dan karet tersebut tidak hilang seperti pada kebanyakan kayu lainnya. Begitu pula ketika kayu dikeringkan sebelum dibentuk menjadi bermacam furnitur. 

Lapisan minyak dan karet semacam “antiaging” pada kayu jati itu sendiri yang mampu menjaga kelembapan alami kayu dalam kadar yang pas. Sehingga kayu tidak mudah keropos walau ditempatkan di luar luar ruangan sekalipun. 

• Antijamur Dan Rayap 

Hal berikutnya yang menjadi bahan pertimbangan orang memilih furnitur jati ialah ketangguhannya terhadap jamur dan rayap. Kayu jati diberkati dengan urat kayu yang sangat padat, keras, serta resin yang sangat tidak disukai oleh rayap dan jamur. Butuh kerja keras dan lama bagi serangga kayu jika ingin menghancurkan jati. Jamur pun enggan tumbuh karena tidak akan mendapatkan keuntungan apa-apa dari kayu yang ditumpanginya. 

Sifat antijamur dan rayap seperti itu secara tidak langsung  menguntungkan bagi pemilik furnitur karena kayu jati dapat bertahan lebih lama dibandingkan kayu-kayu lainnya. 

• Bernilai Estetika Tinggi 

Selain dari segi ketahanan kayu yang bukan omong kosong belaka, furnitur ruang  tamu minimalis berbahan kayu jati juga disukai karena mengandung nilai estetika tinggi. Nilai tersebut terletak pada pola urat kayu yang dimiliknya. Pola urat kayu jati sangat autentik, dengan susunan lurus dan rapat, berikut warna keemasan yang memberikan kesan hangat. Akan sulit bagi kita menemukan pola urat dengan tingkat kemiripan yang sangat mendekati dengan kayu jati pada kayu-kayu jenis lainnya. Karena kekhasan itulah yang membuat kayu jati bernilai seni tinggi. 

• Dapat Dipadukan Dengan Unsur Lainnya  Seperti Logam Dan Besi 

Untuk menyesuaikan dengan zaman, kini banyak kita temukan furniture kayu jati yang dikombinasikan dengan dengan logam dan besi. Hal itu sangat memungkinkan karena jati termasuk kayu yang kokoh dalam banyak perlakuan. Bukan hanya itu, jati juga memberi kebaikan pada logam dan besi ketika dipadukan. Sifat jati yang mampu menyeimbangkan kadar kelembapan di sekitarnya, membuat besi dan logam terhindar dari dampak korosi atau karat lebih cepat. 

• Bernilai Jual Tinggi 

Atas segala kelebihan yang dimilikinya, jangan heran jika harga furniture berbahan jati bikin tercengang. Di satu sisi ini akan memberatkan Anda yang bermodal minim. Namun, di sisi lain bisa jadi menguntungkan karena ketika Anda bosan dan ingin mengganti furniture baru, furniture kayu jati dapat dijual kembali dengan harga yang tidak terlalu menyedihkan. 

Itulah sejumlah alasan mengapa banyak orang memilih konsep ruang tamu sederhana dari bahan jati. Selain comfortable, ternyata banyak juga kelebihan lainnya yang jarang diketahui orang. Semoga artikel ini menjadi menginspirasi Anda yang sedang bingung menentukan konsep ruang tamu terbaik.